Pages

Minggu, 09 April 2017

Serba Serbi NMGBC 2017

NMGBC 2017? 
Apa itu?

Mungkin diantara kalian yang membaca blog ini ada yang sudah familiar dengan ini. Atau bahkan mungkin belum ya?
Kalo gitu, perkenalan aja dulu, deh! Eits, bukan aku nya yang perkenalan. Tapi, perkenalan sama acaranya!
NMGBC adalah singkatan dari National Medical & General Biology Competition. Nah, dari artinya sendiri pasti kalian sudah menafsirkan. Yap, ini adalah olimpiade cabang Biologi yang diselenggarakan oleh AMSA-UI. Selain Biologi Umum, ada pula Biologi Kedokteran yang dilombakan disini. Wih, kurang asik apa coba?
Jujur, aku masih tabu sama materi kedokteran yang diujikan. Silabusnya emang banyak. Tapi overall, sebenernya belajar materi-materinya itu ternyata seru! Sama kaya pelajaran Biologi di sekolah, tapi lebih difokuskan ke organ-organ, patologi, dan sebagainya. Untuk poin yang ini, jujur aku kurang persiapan. Mau bilang pasrah juga gak enak bahasanya. Gamau juga pasrah atau nyerah tapi. GIMANA DONGG..

Tapi realitanya gitu.

NMGBC 2017 dilaksanakan 3 hari. Jumat-Minggu, 7-9 April 2017. Tema tahun ini itu Reproduction. Jadi, mulai dari seminar, dekorasinya juga berhubungan dengan tema pastinya. Aku gak dateng di hari pertama; yaitu technical meeting. Soalnya itu sore, dan kebetulan lagi jam pulang kantor. Plus, rumahku gak deket juga dari sana. Jadi, aku memutuskan untuk gak dateng.

Aku mulai datang saat hari-h perlombaannya. Sabtu, 8 April. Lokasinya di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI. Pertamanya, kita diminta registrasi ulang, plus ada pembagian nametag. Dari SMA Labschool Kebayoran, aku bareng sama 2 temenku; Frizka dan Hani. Oh, ada snack box juga, dong pastinya! Setelah itu, kita diarahkan ke ruang auditoriumnya. Ada pembukaan, teknis kegiatannya bagaimana juga dijelaskan. Barulah setiap kelompok diarahkan LO masing-masing untuk ke ruang ujian. Aku ada di kelompok E4. Frizka dan Hani di kelompok D.

Pertama, yang diujikan itu Biologi Kedokteran. Ini paper-base test alias kaya ulangan-ulangan biasanya. Ada lembar soal, ada lembar jawaban. Setelah selesai tes yang kedokteran, kita pindah ke ruang lainnya. Lebih tepatnya ke lab komputer! Kenapa, tuh, kok, ke lab komputer? Nahh, karena, model tesnya adalah CBT. Alias emang pake komputer.

Setelah semua rangkaian tes selesai, kita makan siang! Cerita tentang makan siang di skip aja, ya. Ya intinya disini aku duduk, ngunyah, nelen, minum. Gitu aja, kok. Hehe. Nyebelin gak?

Oke, lanjut. Rangkaian acara berlanjut ke...

SEMINAR DAN TALKSHOW!

Kita diarahkan lagi ke ruang auditorium. Seminarnya tentang seputar penyakit seks menular. Sangat amat membantu dan nambah wawasan. Ditambah lagi, ada talkshow seputar FK UI oleh kakak-kakaknya. Di sesi ini, aku bener-bener termotivasi banget. Yang awalnya ngantuk dan capek abis ngerjain soal, langsung melek. Lebay gak, sih? Tapi ini kenyataan. Karena, abis ngedenger cerita kakak-kakaknya, jadi makin semangat!

buat apa nih semangatnya?

Buat masuk FK! Hehe

Oke, selanjutnya ada sesi..

BIKIN POSTER!

Yap, jadi per kelompok diminta bikin poster. Nahh, nantinya poster itu akan dipresentasiin di depan kelas. Tiap kelompok dapet penyakit seputar reproduksi yang berbeda-beda. Ada sifilis, gonorrheae, clamydomonas, HIV, dan masih banyaak, deh! Kebetulan kelompok aku, 3, dapet materi HIV. Senangnya!

Okey, lanjut ke hari berikutnya. Minggu, 9 April. Sedihnya, aku gak lolos buat ke babak semifinal NMGBC 2017. Yang lolos ke babak semifinal ada 60 orang. Dengan kata lain, 60 peringkat teratas. Sedih, beneran deh. Tapi, ya, mau gimana lagi. Akunya emang kurang persiapan, jadi..

mencoba menerima kenyataan aja deh.
nyoba lagi entar. :')

EITS. Tapi, buat yang gak lolos semifinal, justru diajak keliling kompleks UI naik bikun! Alias bis kuning. Terus, kita juga foto, deh, di depan gedung RIK.


hayo tebak aku yang mana

Masih sedih.

Gaboong.

Eh, gak jadi sedihnya, deng. Soalnya, ternyata, rangkaian kegiatannya belum selesai! Kita diarahkan ke medical skill lab.

INI DIAA BAGIAN YANG DARITADI PENGEN AKU CERITAIN!!

Disini, aku bener-bener terhibur dan seneng banget! Di sesi ini, kita diajarin banyak hal. Cara menggunakan alat tensi (sfigmomanometer), basic life support, juga ke laboratorium patologi dan anatomi! Kalo ditanya paling suka yang mana, aku paling suka bagian pas diajarin cara menggunakan alat tensi. Maaf ya, kayanya emang norak....

TAPI SERU BANGET! Soalnya berasa jadi dokter beneran, hehehe..


ini lagi praktek mengukur tensi temen sendiri! Nama temenku ini Sausan, aku baru kenal dia di NMGBC

Overall, kesimpulan, penutupnya..

NMGBC 2017 seru banget! Aku belajar banyak, dapet temen baru. Dan poin pentingnya, aku makin termotivasi juga setelah ikut acara ini! Gak tahu juga. Tapi, alhamdulillah aku makin mantap buat milih FK sebagai jurusan pilihan abis SMA ini. Karena jujur aja, sebelumnya masih bercabang-cabang pengen masuk jurusan ini, itu. Bahkan sempet mikir mau lintas jurusan gitu..

loh, dia jadi curhat.

Buat siapapun yang baca, mohon doanya ya, temen-temen! Sukses buat kita semua! 😄 Aammiin..

Oiya, buat kata penutupnya, ada jargon dari NMGBC, nih!

NMGBC 2017?
Life starts here!


Share with the world:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Designed by Beautifully Chaotic