Pages

Kamis, 16 Juni 2016

Dari Temanmu Yang Absennnya 37,

We will be together forever
Like little hearts gather

to become a great strength
I’m believing we’re one

SMTOWN - Dear My Family

***


Ah, gila, liriknya Dear My Family itu..

woah :')

Ya, sebenernya ini hasil nyari translate-an di google, sih
Yang aslinya mah gatau artinya apa..

Okey, langsung aja, ya. Nama aku Fira, untuk yang lengkapnya seperti yang tertera di profil blog. Hari ini, umurku 15 tahun. Kenapa gak langsung menyebutkan 'umurku 15 tahun'? Ya, karena, bakal nambah lagi, kan, kedepannya?

Karena aku 15 tahun, pastinya, aku udah SMA. Aku dapet kesempatan buat menduduki sebuah kelas yang namanya 10 MIPA 4. Gak pernah terlintas, atau terbayang di benak, sih, buat masuk ke kelas ini. Yang pasti pas tahun ajaran baru, aku lagi seneng-senengnya pake seragam putih abu-abu. Iya, seneng. Ganti warna rok dari biru jadi abu-abu. HEHE.

Kesan pertama waktu aku masuk ke 10 MIPA 4 itu ...

"Gila, gue gak sekelas sama temen deket gue."

Akhirnya, karena modal dari kesan pertama itu, aku pun memutuskan buat kenalan sama lebih banyak temen. Di 10 MIPA 4 ini juga aku pertama kalinya ngerasain satu kelas isinya 38 orang. Ya, satu meja diisi 2 orang. Sebelumnya waktu SD dan SMP, kelasku itu isinya 20-an orang. Oh ya, dan satu meja itu biasanya diisi satu orang aja. Makanya, SMA ini beda parah.

Nah, di SMA ini juga aku dapet pelajaran baru yang belum pernah didapet sebelumnya. Kimia. Aku mau cerita sedikit. Pertama kali dapet pelajaran ini itu aku ngerasa keren (gatau kenapa). Ya, mungkin karena namanya kali, ya, Kimia.

TAPI NYATANYA. Ulangan demi ulangan pun dikasih dan.. Gak jarang aku remed. Sedih? Banget. Sejak saat itu, aku ngerasa biasa aja pas belajar Kimia.

Oke, balik ke topik. 10 MIPA 4 ini wali kelasnya namanya Pak Asep. Baik, sih orangnya. Beliau juga guru Fisika kelas 10. Fyi, kita (anak-anak Pak Asep), udah tau kalo setiap Pak Asep selesai jelasin materi dan keluar kelas, pasti gak balik lagi. HAHAHA. Maaf, pak.

Hari demi hari pun berlalu. Aku akhirnya mulai kenal sama temen-temenku di kelas. Mulai dari Age yang absen awal, sampe Zabrina yang absen akhir. Karakteristik dan kepribadian temen-temenku disini beragam. Dari bawel sampe pendiem, semua ada disini. Eh, perlu kuralat. Kalo udah kenal, ternyata, semua punya sisi bawelnya sendiri, kok! HAHAHA.

Kelas ini seru banget, terlebih kalo lagi gak ada guru (baca : gabut). Kelas ini juga yang punya grup line 2; satu yang ada Pak Asep, satu yang gak ada. Yang gak ada Pak Asep nya itu cenderung buat diskusi bareng, ngobrol bareng, ya, pokoknya banyak, deh! Sedangkan yang ada Pak Asep itu cenderung buat izin kalo lagi berhalangan hadir, dan sebagainya.

Ketua kelas? 

Ketua kelas 10 MIPA 4 namanya Fari. Kita juga punya sekretaris dan bendahara. Jabatan sekretaris diemban Ikie dan Aretha, sedangkan bendahara Fadia dan Quinta. 

Kelas ini, sering dicap guru "kelas paling gak kondusif". Emang bener, sih. Pernyataan yang tadi aku bilang kalo kita bawel semua, emang bener. Aku juga ngaku kalo aku bawel. Nah, apalagi, kalo semuanya disatuin di satu kelas. Woah. Bisa dibayangin gak, tuh, gimana jadinya?

Ada lagi julukan yang lain. Kelasku ini, kerap disebut juga sebagai kelas dengan peringkat 1 dari bawah (se-peminatan IPA). Ya, maksudnya, dibanding kelas IPA yang lain, rata-rata kelas kita selalu dibawah. Ralat, gak selalu, kok! Tapi, sering.

Julukan lain, kita juga bisa dibilang IPS 4. Atau, ada juga yang bilang kalo kita peralihan IPA dan IPS. 

Jujur aja, julukan-julukan di atas sebenernya sempet bikin aku pribadi sedih. Kaya aku sempet mikir, "kenapa, sih, dapet julukan begini..". Julukan yang paling bikin aku nyes itu yang kedua. Kelas dengan peringkat nomor 1 dari bawah se-peminatan IPA. Ya, gimana nggak nyes? Kalimat awalnya 'peringkat satu', eh, ternyata ada embel-embel 'dari bawah' nya.

Lama kelamaan, aku dan temen-temenku kayanya udah terbiasa, dan udah mulai menerima kenyataan. Namun, entah bagaimana caranya, itulah yang nyatuin kelas kita. Yang bikin solid kelas kita. Yang bikin kita jadi deket satu sama lain. Bahkan, kita juga jadi deket sama Pak Asep karena ini. Bahkan, ada satu hal yang bikin aku bangga sama kelas ini. Ketika hari terakhir belajar efektif, yang terlintas di benak umumnya buat bolos aja, kan? Tapi, kelas kita justru masuk. Satu kelas masuk. Kita foto bareng, sepertinya buat yang terakhir kalinya.


Entah kenapa, aku jadi susah pisah sama temen-temenku di kelas ini. Ketika kita mulai bisa deket satu sama lain, menerima apa adanya satu sama lain, ternyata...

ada saatnya dimana waktu akan memisahkan kita.

Sekarang bulan Mei 2016. Gak lama lagi, kita semua bakal diacak kelasnya. Satu kelas gak sama lagi?

Iya. 

Sekarang, kita lagi menghadapi UKK. Kita lagi berjuang untuk mendapat hasil yang maksimal dan optimal di akhir pembelajaran ini. 

Selamat menempuh UKK, temen-temenku. Semoga, kita bisa membalikkan predikat nomor 1 dari bawah, jadi nomor 1 dari atas. Tapi, yang paling penting dari itu semua adalah buat bisa banggain Pak Asep. Buat bisa banggain diri sendiri kita juga! Aku juga yakin, kok, temen-temen. 5, atau 10 tahun ke depan, kita bakal ketemu lagi dengan kondisi sukses di bidang masing-masing, aammiin!

Dan yang terpenting,
Jangan pernah lupain satu sama lain ya!

Dari temanmu yang absennya 37,
Shafira Aulia Nisa.







Share with the world:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Designed by Beautifully Chaotic